Sunday, Dec 21st

Last update:03:05:57 AM GMT

You are here:

Pasangan KB Lestari dan PLKB Maju Ke tingkat Nasional

Surel Cetak PDF

GIANYAR- Fajar Bali | Pasangan Ir. A.A Gde Agung Eka Putra- Ir. Ni Nyoman Armini, dan PLKB, I Wayan Kasta mewakili Bali dalam lomba KB Lestari katagori 15 tahun dan Lomba PKB/PLKB tingkat Nasional. Hal ini terungkap saat pamitan dengan Bupati Gianyar A.A. Gde Agung Bharata di ruang kerjanya, Selasa (28/5).
 

Di hadapan Bupati Gianyar, pasangan suami istri asal Br. Sakih Desa Guwang Kecamatan Sukawati menuturkan KB merupakan cara untuk mendapatkan hubungan selaras dan serasi dari suatu keluarga yang terdiri dari orang tua dan idealnya 2 anak. “ Tiang sendiri memakai KB IUD setelah melahirkan anak kedua tahun 1995,” jelas Nyoman Armini.
Tidak hanya itu, A.A. Gde Agung Eka selama menjabat sebagai Kepala Desa Guwang (2007-2013), juga aktif memotivasi masyarakat untuk ikut program KB dan meningkatkan pemahaman mengenai pentingnya program KB. Karena ketekunannya mengkampanyekan program KB sekaligus menjadi akseptor KB, menjadikan pasangan ini didaulat mewakili Gianyar sebegai peserta lomba KB Lestari 15 tahun.
Sementara itu, I Wayan Kasta, sudah menjadi tenaga Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) di Desa Sebatu Tegallalang sejak tahun 1986. Banyak suka dan duka telah dilaluinya, namun itu tidak membuatnya patah semangat. Tugasnya memberikan penyuluhan terhadap pasangan usia subur (PUS) dan memotivasi untuk pemakaian alat kontrasepsi tetap menjadi prioritas. Malah pencapaian pemakaian alat kontrasepsi di wilayahnya mencapai 87,24%.
Bupati Gianyar, Agung Bharata menyambut positif keberhasilan wakil Gianyar ini, dan berharap memdapatkan hasil yang terbaik. Karena tidak dapat dipungkiri saat ini keberhasilan pemakain KB belumlah maksimal. Padahal, dengan ber-KB pendewasaan perkawinan, jarak kelahiran dapat diatur begitu pula dengan jumlah kelahiran. KB memiliki dampak posistif terhadap pendidikan, sosial budaya, ekonomi dan lingkungan.“Lewat KB kita dapat menciptakan keluarga harmonis sejahtera,” jelas Bupati Agung Bharata.
Sementara Kepala Badan PP dan KB Kabupaten Gianyar, I Made Gede Wisnu Wijaya, menjelaskan saat ini animo masyarakat Gianyar untuk ikut ber-KB cukup besar. Hanya saat ini pihaknya mengaku msih kekurangan tenaga penyuluh lapangan atau PLKB. Idealnya ada 70 tenaga PLKB namun saat ini baru memiliki sekitar 38 orang.
Untuk Hari Keluarga Nasional ke XX tahun 2013 Kabupaten Gianyar cukup banyak mendulang prestasi di tingkat provinsi, yaitu juara 1 lomba KB Lestari katagori 15 atas nama pasangan Keluarga Ir. A.A Gde Agung Eka Putra-Ir. Ni Nyoman Armini, juara 1 Lomba PKB/PLKB atas nama I Wayan Kasta, juara 1 lomba kader BKB atas nama A.A. Rai Sapta Dewi (BKB Kumarajara Desa Celuk), juara 1 LOmba KB Pasca Kelahiran dan KB Pasca Keguguran atas nama RSUD Sanjiwani, Juara 1 Lomba Pidato GenRe atas nama Luh Mery Wedayanti dari SMAN 1 Gianyar dan juara 2 lomba keluarga Harmonis atas nama pasangan Nyoman Arthana SSn – Ni Ketut Atik Puspia. W-005

Pasangan KB Lestari dan PLKB Maju Ke tingkat Nasional